06.28
0

Ternyata selain Bulan, Bumi juga mempunyai objek kecil yang mengelilingi. Contohnya 3735 Cruithne.

Siapa Bilang Bumi Hanya Punya Satu Satelit Alami?3735 Cruithne tampak sebagai titik putih dalam foto yang diambil dari Powell Observatory. (Powell Observatory)
Siapa bilang Bumi cuma punya satu satelit alami? Selain Bulan, Bumi juga punya obyek-obyek kecil yang mengitarinya, salah satunya adalah 3735 Cruithne.

Research fellow di University of Saint Andrew, Duncan Forgan mengungkapkan 3735 Cruithne layaknya bulan kedua Bumi. Bedanya dengan Bulan adalah lintasannya yang berbentuk elips. Objek 3735 Cruithne yang berdiameter 5 kilometer itu punya lintasan sepatu kuda.

Salah satu citra terbaik 3735 Cruithne diambil lewat pengamatan dari Powell Observatory. Benda itu tampak sebagai titik cahaya putih. Lain dengan Bulan yang tampak bulat besar, 3735 Cruitne tampak kecil.

Adapula citra lain diambil oleh instrumen NEOWISE milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA). NEOWISE mengambil 5 foto 3735 Cruithne dan mengolahnya menjadi gambar tunggal.
Obyek itu tampak berwarna merah. James Bauer dari Jet Propulsion lab NASA mengatakan, 3735 Cruithne tampak merah karena meradiasi cahaya pada energi rendah.
Sebutan bulan kedua untuk 3735 Cruithne sebenarnya tak begitu tepat. Obyek itu tepatnya disebut Aten Asteroid. 
Aten Asteroid merupakan asteroid minor yang berada di antara Bumi dan Matahari. Obyek itu memiliki orbit unik. 3735 Cruithne membentuk lintasan mirip kacang mete saat mengorbit Bumi. Karena ukurannya yang kecil, 3735 Cruithne tak bisa dilihat dengan mata telanjang.
Next
This is the most recent post.
Posting Lama

0 komentar:

Posting Komentar