02.09
0

"Sebelum standar etis dan keamanan ditentukan, diharapkan eksperimen mengulik embrio manusia ini dihentikan," tegas seorang ilmuwan.

Para Ahli Kembangkan Mutasi Gen pada Embrio ManusiaPeneliti mulai mengembangkan mutasi gen yang lebih rumti, dengan mengulik gen pada sel embrio manusia. (thinkstockphoto)
Sudah tidak bisa disangkal bahwa ilmuwan modern sudah bisa memperbaiki gen. dibuktikan dengan adanya pemutasian gen carrier yang membantu berkurangnya penderita HIV/ADIS dan hemophilia. Dulu, perlakuan modifikasi gen tersebut terbatas, tidak sampai ke proses modifikasi gen pada sel reproduksi.
Kini, banyak ilmuwan yang mulai mengembangkan proses modifikasi gen pada sel embrio, yang akan berdampak menyeluruh pada hasil reproduksi (individu baru).
Memperbaiki embrio manusia akan sangat bermasalah karena efeknya akan terjadi dalam jangka waktu  yang panjang.
Beberapa Negara di Eropa Barat telah memberlakukan pelarangan untuk para ilmuwan mengedit genom pada embrio manusia tersebut. Namun tidak semua negara melakukannya.
Diharapkan kelanjutan eksperimen pengembangan modifikasi embrio ini berhenti sebelum adanya diskusi lebih lanjut oleh para peneliti, ahli etik, dan masyarakat sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar