02.14
0

Simak hal-hal sederhana yang anda anggap remeh namun ternyata sering dialami dalam keseharian.

15 Fakta Menarik yang Luput dari Perhatian Anda (bagian 2)Ilustrasi: Mengedipkan mata membuat kita tidak melihat dunia selama sepersepuluh detik. (thinkstockphoto)
Pernahkah anda iseng mengamati jari tangan anda hingga mereka imajinasi anda mengubahnya menjadi bagian tubuh alien yang menakutkan?
Berikut ini adalah lima dari lima belas fakta dibalik hal-hal sederhana dan biasa yang sering kita alami sehari-hari.
6. Berciuman
Berciuman membuat orang menggunakan indra penciuman dan indra peraba mereka untuk mendeteksi ketertarikan mereka terhadap pasangannya. Nafas dan liur seseorang mengandung unsur kimia yang dapat menunjukkan apakah mereka dalam kondisi sehat, dan untuk perempuan, untuk menentukan apakah mereka sedang dalam masa subur.
Kulit di sekitar hidung dan mulut manusia dilengkapi dengan lapisan minyak yang mengandung feromon, yakni zat kimia yang memberikan informasi tentang “perawatan” biologis individu. Saat orang berciuman, secara tidak sadar mereka akan mendeteksi informasi yang diberikan zat kimia tersebut, sehingga kemudian dapat merasa ketertarikan mereka bertambah atau berkurang tergantung pada hasil deteksi tersebut.
7. Buang angin
Buang angin 15 sampai 20 kali sehari mengindikasikan anda memiliki sistem pencernaan yang sangat sehat. Makanan dan minuman yang masuk ke tubuh kita akan menghasilkan satu galon kentut (1,9 liter) perharinya. Bau yang dihasilkan pada tiap gas dipengaruhi oleh banyaknya bakteri yang ada di bagian bawah dari saluran kemih kita. Dalam prosesnya menghancurkan makanan yang kita konsumsi menjadi nutrisi yang berguna, mikroba tersebut menghasilkan bau hidrogren sulfide yang seperti bau telur busuk.
Seperti manusia, bakteri lebih suka “memakan” makanan manis. Dengan “memakan” susu, buah, dan biji-bijian, semakin banyak gas angin yang dihasilkan.
8. Tertawa
Ketika suatu lelucon yang sangat anda sukai membuat anda terpingkal-pingkal, anda akan merasakan gelitikan yang terus menerus membuat anda merasa ingin tertawa. Mengapa bisa begitu?
Psikologis mengatakan bahwa perilaku tersebut merupakan bentuk respon dari emosi positif yang ditularkan seseorang kepada kita, membuat stress kita berkurang, dan membuat kita lebih aktif di lingkungan sosial.
9. Berkedip
Tidak ada yang aneh dari mengedip? Mungkin tidak. Tapi pernahkan anda memerhatikan akan anehnya sepersepuluh detik tidak melihat dunia?
Para ilmuwan membuktikan bahwa otak manusia memiliki kemampuan untuk mengacuhkan ‘mati lampu' yang sementara tersebut.  Proses mengedip akan menekan aktivitas di beberapa wilayah di otak yang bertanggung jawab untuk mendeteksi perubahan lingkungan, sehingga otak anda akan menyambung kegiatan yang terjadi sebelum anda berkedip.
10. Pikiran melayang
Tidak peduli bagaimana susahnya kita membuat diri sendiri untuk tetap fokus, seperti meminum kopi agar tidak mengantuk ketika sedang bekerja, seringkali otak akan membawa pikiran kita menjelajah ke hal-hal lain yang membuat kita teralihkan. Kondisi demikian sangat normal, bahkan penting bagi otak manusia untuk membentuk kreativitas dan imajinasi.
Penelitian yang dilakukan oleh ahli neurosains menunjukkan bahwa fokus kita terhadap sesuatu memang akan mengalami pasang surut, dan kita akan mengalami kondisi tersebut sebanyak 13% dari kegiatan kita. Selama proses “zoned out” tersebut, pikiran kita akan menjelajah hal menarik lainnya yang kemudian akan mengasah otak untuk berimajinasi, sehingga ide-ide yang menarik akan muncul.

0 komentar:

Posting Komentar